7 Tips Mengurangi Mata Minus Secara Alami

7 Tips Mengurangi Mata Minus Secara Alami ~ Mata merupakan alat indera manusia yang sangat perlu kita jaga kesehatannya. Berabgai macam penyakit mata terkadang timbul karena kurangny peduli menjaga kesehatan mata. Salah satu penyakit mata yang sering dialami adalah, mata minus. Nah, apabila anda sudah terlanjur terkena penyakit mata minus, maka tips kesehatan di bawah ini bisa menjadi inspirasi bagi anda untuk mengobati mata minus anda secara alami.
Image Credits : Wikimedia Commons
1. Konsumsi Sayur dan Buah
Sayuran dan buah terbaik untuk mata adalah yang mengandung vitamin A.  Sayur dan buat yang mengandung vitamin A dianratanya ; wortel, bayam, apel, telur, alpukat, ikan salmon, dan sayuran-sayuran berwarna hijau. Silakan anad konsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin A secara teratur.

2.  Latihan menatap obyek jauh
Apabila anda terbiasa menggunakan kacamta, silakan anad lepaskan dulu kacamatan anda, kemudian fokus pada obyek yang memiliki jarak cukup jauh. Cobalah untuk melakukan latihan ini selama 5 sampai 10 menit secara rutin.  Lebih baik kalau anda melakukan latihan ini setiap pagi dan obyek yang menjadi fokus penglihatan anda berada di sekitar daun-daun hijau. Dengan melakukan hal ini, mata dan kondisi psikologi anda akan terasa lebih segar.


3.  Latihan menatap mata yang bergerak
Kalau di atas anda harus latihan menatap obyek yang memiliki jarak jauh, sekrang anda lanjutkan dengan latihan melihat benda yang bergerak. Caranya silakan anda mebuat benda yang anda gantungkan benda dengan ukuran relatif kecil pada jarak tertentu, silakan ayunkan dan tatap kemanapun benda tersebut bergerak.


4.  Terapi lilin Secara Teratur

Cara  melakukan terapi lilin sangat murah, silakan anda nyalakan lilin dan letakkanlah di depan anda. Tatap nyala lilin tersebut (mata fokus pada api), usahakan janga berkedip dalam waktu kurang lebih 15 menit atau sampa mata anda mengeluarkan air. Jika sudah mengeluarkan air mata, silakan anda pejamkan mata sesaat biarkan air mata anda menetes. Setelah dirasa cukup, ulangi lagi cara di atas.  Makin banyak air mata yang keluar akan makin baik.  Terapi lilin ini sangat berguna untuk memperkuat daya akomodasi mata dan  bisa membersihkan mata dari kotoran.

5.  Terapi daun sirih
Terapi daun sirih dikenal sebagai sebuah metode alami yang paling manjur untuk menyembuhkan mata minus.  Cara melakukannya cukup sederhana, ambil dua daun sirih yang kira-kira bisa menutupi kelopak mata anda.  Bersihkan daun sirih tersebut, dan letakkan menutupi kedua mata anda saat tidur.  Cara ini sangat murah, mudah, namun bermanfaat.


6.  Istirahat setiap 30 menit di depan layar
Pastikan menerapkan rumus untuk beristirahat selama tiga puluh menit dalam aktivitas yang melibatkan mata, seperti membaca, bekerja di depan komputer, atau menonton televisi.  Periode istirahat tidak perlu terlalu lama, cukup 3 sampai 5 menit.  Manfaatkanlah saat-saat istirahat ini untuk melakukan senam mata atau memandang objek-objek jauh yang berwarna hijau.

7.  Jaga kebersihan mata
Hal yang sangat penting agar mata anda tetap sehat adalah menjaga kebersihan mata.  Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan bola mata anda.  Bersihkan mata anda secara teratur dengan tetes mata, serta lindungi mata anda ketika sedang mengendarai sepeda motor.  Pastikan juga untuk secara rutin mengunjungi dokter mata dan mengecek kadar minus mata anda setidaknya setahun sekali.

Nah iatu adalah 7 tips mengurangi mata minus secara alami. Asal ada kemauan, anda melakukannya secara rutin maka insya Alloh minus pada mata anda akan terus berkurang, sukur-sukur bisa kembali normal.

0 Response to "7 Tips Mengurangi Mata Minus Secara Alami"

Posting Komentar