Mengenal Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia

Mengenal Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia ~ Asuransi adalah salah satu bentuk pengendalian risiko, dengan cara mengalihkan/mentransfer risiko tersebut dari pihak pertama ke pihak lain, dalam hal ini adalah kepada perusahaan asuransi. Dari pengertian di atas jelas bahwa seseorang ketika mengikuti sebuah asurasni tujuannya adalah ingin mendapat perlindungan dari sebuah resiko yang mungkin terjadi. Misal, anda mengasuransikan kendaraan anda, maka ketika terjadi kecelakaan/ kerusakan parah para kendaraan anda resiko akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Apakah hanya dengan daftar saja kemudian seua resiko anda menjadi tanggungan perusahaan asurani? Tentu tidak. Anda harus membyara iuran wajib yang disebuah sebagai premi. Bisa bulanan, triwulanan atu semesteran. Tergantung peraturan dari asuransi yang anda ikuti.

Jadi, pada dasarnya ketika anda mengikuti sebuah asuransi anda sedang menabung untuk persediaan terhadap resiko yang diasuransikan. Pada hakikatnya bukan perusahaan asuransi mebiayai anda, tapi anda sendirilah yang membiayai resiko tersebut cuma dibayar secara berangsur atau mencicil setiap bulan.

Nah sekrang ausransi apa saja yang ada di Indonesia. Berikut bahasannya jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia.

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah asuransi yang memberikan pertanggungan terhadap kesehatan para membernya. Jenis asuransi ini sepertinya menjadi asuransi yang banyak menjadi pilihan warga Indonesia. Entah karena masyarakat Indonesia serign sakit atau kenapa? Hehehe......
Tapi yang jelas mungkin karena untuk berobat di rumah sakit denga fasilitas dan pelayanan terbaik masih tergolong mahal. Maka orang Indonesia cenderung memilih asuransi kesehatan untuk memberikan jamainan ketika sakit mendapat perawatan dan pelayanan terbaik dari rumah sakit.

Asuransi Pendidikan

Bagi orang tua yang peduli terhadap pendidikan putra-putrinya asuransi ini bisa menjadi pilihan untuk menjamin keberlangsungan pendidikan anak-anak. Biaya pendidikan di Indonesia juga masih tergolong mahal. Kita tahu bahwa untuk masuk ke SMP/ SMA banyak sekali bayaran yang harus dilunasi, seperti uang gedung, uang pendaftaran, uang ekstrakulikuler dan iuran lainnya yang kalau sudah dikalkulasikan bisa mencapai puluhan juta. Belum lagi kalau melanjutkan ke perguruan tinggi, untuk biaya pedaftaran dan bayara uang gedung dan lain sebagainya bisa menghabiskan uag antara 10 - 100 juta. Huh....................

Asuransi Properti dan Kendaraan

Bagi para pemilik kendaraan sangat penting untuk mengasuuransikan kendarannya. Kita tahu bahwa kendaraan seperti mobil atau motor adalah benda yang sangat rentan terhadap resiko kerusakan akibat kecelakaan atau hilang karena di gondol maling. Maka untuk meminimalkan resiko akibat hal tersebut anda bisa mengasuransikan kendaraan anda. Tapi tentu saja harus memperhitungkan apakah anda bisa memenuhi kewajiban membayar premi atau tidak. Apalagi kalau kendaraan anda dibeli secara kredit, maka biaya bulanan anda akan semakin besar dengan ditambaha kewajiban andan membayar premi.

Asuransi Jiwa

Kematian adalah hal yang pasti terjadi, cuma yagng tidak tahu adalah kapan terjadinya dan dengan cara apa. Tapi, sebagai orang yang memikirkan masa depan keluarga yang ditinggalkan maka orang memilih asuransi jiwa untuk menjamin kehidupan keluarga yang ditinggalkan kelak. Tujuannya adalah ketika meninggal maka keluarga seperti istri dan anak akan mendapat pertanggungan dari pihak asuransi. Eh, tapi kalau uang pertanggungan tersebut digunakan untuk menikah lagi oleh istri atau suami yang ditinggalkan kira-kira rela gak ya??? Hahahahaha.........

Nah itulah jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia yang mungkin anda sendiri sudah menjadi memberi dari salah satunya. Saran saya anda boleh ikut asuransi apa saja tapi pilih perusahaan asuransi yang benar-benar terpercaya. Banyak juga lho perusahaan asuransi yang berujung penipuan atau berujung kebangkrutan dan akhirnya dana asuransi tidak bisa dibayarkan kepada para pemegang polis.

0 Response to "Mengenal Jenis-Jenis Asuransi di Indonesia"

Posting Komentar