Mengenal Aplikasi Sisten Manajemen Daerah (SIMDA) ~ SIMDA adalah Aplikasi Komputer yang berkaitan dengan pembangunan / peningkatan kapasitas
pemerintah daerah yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang
berlaku atau dalam rangka pemenuhan kebutuhan manajemen daerah, mengarah
ke grand design Data Base Management System (DBMS). Aplikasi ini dikembangkan oleh Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah dengan membentuk Satuan Tugas Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Daerah (SIMDA).
Aplikasi SIMDA ini dibuat untuk mewujudkan visi BPKP sebagai Auditor Presiden yang responsif,
interaktif dan terpercaya untuk mewujudkan akuntabilitas keuangan negara
yang berkualitas dalam mentransformasikan manajemen pemerintahan menuju
pemerintahan yang baik dan bersih serta sesuai amanat PP 60 tahun 2008
pasal 59 ayat (2) danInpres Nomor 4 Tahun 2011. Hal itersebut dipandang penting untuk meningkatkan
kualitas Laporan Keuangan pemerintah daerah menuju terwujudnya good governance.
1. Program Aplikasi SIMDA Keuangan
Program aplikasi ini digunakan untuk pengelolaan keuangan daerah
secara terintegrasi, meliputi penganggaran, penatausahaan, akuntansi dan
pelaporannya.
Output aplikasi ini antara lain:
1) Penganggaran
Rencana Kerja Anggaran (RKA),
RAPBDdan Rancangan Penjabaran APBD, APBD dan Penjabaran APBD beserta
perubahannya, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).
2) Penatausahaan
Surat Penyediaan Dana (SPD), Surat
Permintaan Pembayaran (SPP), Surat Perintah Membayar (SPM), SPJ, Surat
Perintah Pencairan Dana (SP2D), Surat Tanda Setoran (STS), beserta
register-register, dan formulir-formulir pengendalian anggaran lainya.
3) Akuntansi dan Pelaporan
Jurnal, Buku Besar, Buku Pembantu, Laporan Keuangan (Laporan Realisasi
Anggaran, Laporan Arus Kas dan Neraca), Perda Pertanggungjawaban dan
Penjabarannya.
2. Program Aplikasi SIMDA BMD
Program aplikasi ini digunakan untuk pengelolaan barang daerah
meliputi perencanaan, pengadaan, penatausahaan, penghapusan dan
akuntansi barang daerah.
Output aplikasi ini antara lain :
1) Perencanaan
Daftar Kebutuhan Barang dan Pemeliharaan, Daftar Rencana Pengadaan Barang Daerah dan Daftar Rencana Pemeliharaan Barang Daerah.
2) Pengadaan
Daftar Hasil Pengadaan, Daftar Hasil Pemeliharan Barang, dan Daftar Kontrak Pengadaan.
3) Penatausahaan
Kartu Inventaris Barang (KIB), Kartu (sejarah) Barang, Kartu Inventaris
ruangan (KIR), Buku Inventaris (BI), Daftar Mutasi Barang Daerah, dan
Rekap Hasil Sensus, serta Label Barang.
4) Penghapusan
SK Penghapusan, Lampiran SK Penghapusan dan Daftar Barang yang Dihapuskan
5) Akuntansi
Daftar Barang yang masuk Neraca (Intracomptable), Daftar Barang Extra Comptable,
Lampiran Neraca, Daftar Penyusutan Aset Tetap, dan Daftar Aset Lainnya
(Barang Rusak Berat), serta Rekapitulasi Barang Per SKPD.
Aplikasi SIMDA BMD dikembangkan dalam dua basis, yaitu berbasis dekstop dan berbasis Web serta serta dapat dikoneksikan dengan GIS.
3. Program Aplikasi Komputer SIMDA Gaji
Aplikasi Komputer SIMDA Gaji dikembangkan berdasarkan kebutuhan
pemerintah daerah dalam pengelolaan penggajian pegawainya. Aplikasi ini
akan membantu pemda untuk memproses penggajian secara lebih cepat,
akurat serta menghasilkan dokumen penggajian yang dapat diandalkan.
Ouput dari aplikasi adalah sebagai berikut:
1) Daftar Gaji, Rapel, Gaji Terusan, Perhitungan Pajak.
2) Daftar Pegawai.
3) Register- register.
4. Program Aplikasi Komputer SIMDA Pendapatan
Tujuan pengembanganaplikasi ini adalah sebagai sarana optimalisasi
pajak/retribusi daerah serta agar pemerintah daerah dapat menghasilkan
laporan-laporan pengelolaan pendapatan dan piutang sebagai dokumen
pendukung laporan keuangan pemerintah daerah yang dapat diandalkan.
Ouput dari aplikasi antara lain sebagai berikut:
1) Pendataan
Formulir Pendaftaran,Tanda Terima Pendaftaran, Kartu NPWP/RD,Daftar Wajib Pajak/Retribusi, Daftar SPTP/RD, dan Kartu Data.
2) Penetapan
Nota Perhitungan Pajak/Retribusi Daerah,SKP/RD (Surat Ketetapan
Pajak/Retribusi Daerah), Daftar SPKP/RD,SKP/RDTambahan,SKPD/R Kurang
Bayar, SKP/RD Nihil, Daftar Surat Ketetapan Pajak/Retribusi Daerah dan
Daftar Tunggakan Pajak/Retribusi Daerah
3) Penatausahaan
Laporan Penerimaan Harian, Laporan Realisasi
Penerimaan, Kartu Piutang, Buku Pembantu Rincian Penerimaan per
Obyek,STS (Surat Tanda Setoran) dan Buku Kas Umum.
Sumber : http://www.bpkp.go.id/sakd/konten/333/Versi-2.1.bpkp