Pakaian Tradisional Perempuan Suku Bugis

Pakaian Tradisional Perempuan Suku Bugis - Baiklah Indonesia Lovers, sekarang kita ada di suku bugis, salah satu suku yang ada di Indonesia. Kali ini kita akan mengenal pakaian adat para perempuan suku bugis. Nama pakaian adatnya adalah Baju Bodo. Seperti apa dan bagaimana? Mari kita pelajari bersama.
 
Baju bodo adalah pakaian tradisional perempuan Bugis, Sulawesi, Indonesia. Baju bodo berbentuk segi empat, biasanya berlengan pendek, yaitu setengah atas bagian siku lengan. Baju bodo juga dikenali sebagai salah satu busana tertua di dunia.

Menurut adat Bugis, setiap warna baju bodo yang dipakai oleh perempuan Bugis menunjukkan usia ataupun martabat pemakainya.

WarnaArti
Jinggadipakai oleh anak perempuan berumur 10 tahun.
Jingga dan merahdipakai oleh gadis berumur 10-14 tahun.
Merahdipakai oleh perempuan berumur 17-25 tahun.
Putihdipakai oleh para pembantu dan dukun.
Hijaudipakai oleh perempuan bangsawan.
Ungudipakai oleh para janda.

Pakaian ini kerap dipakai untuk acara adat seperti upacara pernikahan. Tetapi kini, baju bodo mulai direvitalisasi melalui acara lainnya seperti lomba menari atau menyambut tamu agung.

"Perempuan [Bugis] mengenakan pakaian sederhana... Sehelai sarung [menutupi pinggang] hingga kaki dan baju tipis longgar dari kain muslin (kasa), memperlihatkan payudara dan leluk-lekuk dada.". Rupanya cara memakai baju bodo ini masih berlaku di tahun 1930-an.
Sumber : http://budaya-indonesia.org

1 Response to "Pakaian Tradisional Perempuan Suku Bugis"