-->

Bagaimana Agar Blog Muncul di Pencarian Google?

Bagaimana Agar Blog Muncul di Pencarian Google? ~ Pertanyaan ini ternyata masih menjadi tanda tanya besar bagi sebagian orang. Selama ini saya memahami bahwa semua pengguna internet khususnya yang sudah terbiasa mencari informasi melalu halaman pencarian google sudah memahami bagaimana data tersebut mereka bisa dapatkan. Namun pada kenyataannya, masih ada banyak orang yang tidak memahami hal tersebut.
hasil pencarian google http://inspirasi-motivasi-hidup.blogspot.com/

Bagaimana google menampilkan web atau blog dihalaman pencariannya, tentu bukan pertanyaan pengguna internet biasa. Ini adalah pertanyaan dari seorang teman yang mulai tertarik terjun di dunia blogger. Ya, itu adalah wajar. Kareana saya dulu pada saat baru membuat blog juga sama menyakan hal demikian.

Nah, untuk para blogger pemula mari kita belajar bersama di blog sederhana ini. Blog Inspirasi dan Motiasi Hidup ini memang sedianya adalah untuk menyajikan berbagai informasi yang bisa menginspirasi dan memberikan motivasi kepada para pembaca, namun dengan berjalanya waktu saya ingin menyajikan konten tentang tips seo. Makanya saya buakan judul menu pada menu bar di atas Bonus Tips SEO.

Namun tentu saja, tips-tips SEO yang saya sajikan di sini hanya alakadarnya saja. Karena memang saya juga bukan seorang master SEO. Sebelum tulisan ini, saya sudah mengisi kategori Tips SEO dengan dua artikel di yaitu :
1. Strategi SEO (Search Engine Optimization) Blog Baru 3 Bulan Pertama
2. Templet Super SEO Untuk Blog Inspirasi dan Motivasi Hidup

Inspirasi memang bisa datang dari mana saja, termasuk dari dua artikel di atas saya juga mendapatkan inspirasi untuk lebih intens menulis tentang SEO. Sebagai langkah awal menulis intent tentang SEO saya menulis dengan menjawab sebuah pertanyaan, bagaimana agar blog muncul di pencarian google?

Ada alur berpikir yang harus kita ketahui agar blog bisa muncul di hasil pencarian google, yaitu darimana google mendapatkan blog kita. Ya, itu seja. Sangat sederhana bukan?

Google sebagai mesin pencari dengan pengguna terbesar di dunia tidak serta merta mengindek setiap web dan blog. Ada 3 langkah yang harus dipenuhi oleh para pemilik web atau blog.
1. Membuat blog/web
2. Submit URL
3. Optimasi blog/web

Langkah petama adalah kita harus memiliki web atau blog. Ya, tentu saja kalau tidak punya lalu apa yang akan kita munculkan di google. Untuk para pemula kita bisa menggunakan fasilitas free untuk membuat blog baik itu dari google (www.blogger.com) maupun dari wordpress (www.wordpress.com).

Langkah kedua adalah submit URL. Submit URL adalah proses mendaftarkan alamat web atau blog kita agar terindek oleh google. Meskipun sebenarnya, google akan mengindek blog secara otomatis yang dibuat menggunakan blogger.com, tapi untuk lebih meyakinkan kita harus melakukan submit URL. Kita bisa melakukannya melalui link https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url?pli=1

Langkah terakhir adalah optimasi web atau blog. Mengapa harus optimasi? Ingat yang ingin muncul di hasil pencarian google bukan cuma 1 atau dua blog saja. Tapi ada ribuan bahkan jutaan web dan blog yang berebut untuk muncul di hasil pencarian google. Maka, kemudian muncul sebuah ilmu optimasi web atau blog agar bisa berasaing untuk muncul di halaman google yang disebut dengan ilmu SEO (Search Enggine Optimization).

Nah, ilmu SEO inilah yang kedepannya akan kita bahas bersama dengan tujuan belajar bersama. Saya tidak sama sekali berniat mengajari anda, karena saya sendiri masih terus belajar. Maka dengan terbitnya artikel-artikel tips SEO nanti kita bisa belajar bersama dan saling menimba ilmu.