Contoh Bahan Bakar Alternatif Ramah Lingkungan

Contoh Bahan Bakar Alternatif Ramah Lingkungan ~ Saat ini makin banyak orang atau para ilmuwan berupaya mencari, menemukan dan menciptakan bahan bakar alternatif. Hal ini dilatar belakanig semakin menipisnya cadangan bahan bakar fosil, selain itu bahan bakar dari minyak bumi ini banyak menyumbang masalah pada kerusakan alam. Emisi kendaraan yang tinggi, asap kendaraan, yang breakibat pada polusi udara samapai isu global warming atau pemanasan global.

Nah di atas adalah masalah-masalah yang melatar belakangi pencarian bahan bakar alternatif oleh sejumlah ahli. Lalu apa saja  yang bisa digunakan sebagai bahan bakar alternatif. Dibawah ini adalah contoh-contoh bahan bakar alternatif ramah lingkungan.


1. Udara Sebagai Bahan Bakar Alternaif
Baru-baru ini salah satu dokter di Indonesia berhasil menciptakan sebuah mobil dengan bahan bakar udara. Untuk lebih jelasnya tentang penciptaan mobil bahan bakar udara ini silakan anda buka tulisan saya sebelumnya Hebat, Indonesia Kembangkan Bahan Mobil Bahan Bakar Udara. Ini membuktikan bahwa udara bisa dijadikan sebagai bahan bakar alternatif yang sangat ramah lingkungan. Makanya saya tempatkan pada urutan pertama.

2. Etanol Sebagai Bahan Bakar Alternatif
Etanol adalah bahan bakar alternatif berbasis alkohol yang dibuat dengan cara fermentasi dan penyulingan dari tanaman seperti jagung atau gandum. Etanol dapat dicampur dengan bensin untuk meningkatkan kadar oktan bahan bakar dan meningkatkan kualitas emisi.

3. Listrik Sebagai Bahan Bakar AlternatifMungkin anda sering mendengar mobil listri, motor listrik bahkan kereta api listrik. Untuk motor listrik bahkan sudah diproduksi oleh beberapa produsen kedaraan. Harga terjangkau, bahan bakar murah, emisi kendaraan rendah bahkan tidak ada menjadikan alasan listrik sangat layak dijadikan bahan bakar alternatif

4. Hidrogen Sebagai Bahan Bakar AlternatifHidrogen dapat dicampur dengan gas alam untuk membuat bahan bakar alternatif untuk kendaraan. Hidrogen juga digunakan pada kendaraan yang menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya. Walaupun begitu, harga untuk penggunaan hidrogen masih relatif mahal.

5. Biodiesel Sebagai Bahan Bakar AlternatifBiodiesel aman, biodegradable, dan dapat mengurangi polusi udara. Biodiesel merupakan bahan bakar alternatif yang berbasis minyak nabati atau lemak hewan, salah satu bahkan bakunya berupa limbah minyak makan dari restoran. Mesin kendaraan dapat dikonversi untuk dapat membakar biodiesel dalam bentuk murni, dan biodiesel juga dapat dicampur dengan diesel konvensional untuk digunakan pada mesin yang tidak dimodifikasi.

6. Methanol Sebagai Bahan Bakar AlternatifMetanol juga dikenal sebagai alkohol kayu, dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif pada kendaraan yang didesain berbahan bakar M85, campuran 85 persen metanol dan 15 persen bensin, tapi saat ini perusahaan mobil sudah banyak yang tidak lagi memproduksi kendaraan berbahan bakar metanol. Namun, metanol bisa menjadi bahan bakar alternatif yang penting di masa depan.

7. Propana Sebagai Bahan Bakar AlternatifPropana yang juga disebut sebagai bahan bakar gas cair atau LPG adalah produk sampingan dari pengolahan gas alam dan penyulingan minyak mentah. Propana sudah banyak digunakan sebagai bahan bakar untuk kegiatan memasak dan pemanas, propana juga merupakan bahan bakar alternatif yang populer bagi kendaraan. Propana menghasilkan emisi yang lebih sedikit dibandingkan bensin, dan sudah tersedia infrastruktur yang sangat maju untuk transportasi, penyimpanan dan distribusi propana.

Itu adalah 7 contoh bahan bakar alternatif ramah lingkugngan. Di indonesia sendiri banyak para ahli yang berusaha mencari dan mencitpakan bahan bakar alternatif. Banyak sudah yang berhasil menciptakan bahan bakar alternatif baik didunia otomotif maupun bidang rumah tangga. Salah satu bahan bakar alternatif di bidang rumah tangga adalah penggunaan bahan bakar yang bersumber dari hasil fermentasi tinja manusia. Yaitu kotoran yang berasal dari Mandi, Cuci dan Kakus (MCK) disimpan dalam lubang penampungan tinja yang sudah diolah dengan bakteri anaerob menjadi gas metan (CH4)

Nah, kalau kita mau membuka mata ternyata banyak sekali hal yang bisa menginspirasi kita untuk berbuat sesuatu. Salah satunya adalah keterbatasan bahan bakar minyak bumi, harga yang mahal telah menginspirasi banyak orang untuk berkreasi menciptakan energi alternatif.

0 Response to "Contoh Bahan Bakar Alternatif Ramah Lingkungan"

Posting Komentar