Otak Kanan atau Kiri, Mari Kita Lakukan Test Sederhana

Otak Kanan atau Kiri, Mari Kita Lakukan Test Sederhana ~ Pada tulisan saya sebelumnya sudah dibahas tentang penjelasan fungsi otak kanan dan otak kiri. Dari tulisan tersebut dapat kita ambil kesimpulan sederhana bahwa apabila otak kanan yang dominan maka EQ lebih mewarna karakter manusian dan sebaliknya apabila otak kiri lebih dominan makan IQ lebih mewarnai karakter manusia. Lalu timbul pertanyaan bagaimana cara mengetahui otak kanan atau otak kiri yang lebih dominan. Meskipun dalam tulisan saya tentang penjelsan otak kanan dan otak kiri sudah disinggung sedikit, tidak ada salahnya saya kembali membahas lebih terperinci tentang cara tes otak akan dan otak kiri.

Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melakukan tes, apakah otak kanan atau otak kiri yang lebih dominan. Berikut beberapa tes yang bisa kita lakukan.

Baca Juga : Mengungkap Rahasia Korelasi Otak Kanan dan Otak Kiri

Tes Otak Kanan dan Otak Kiri

1. Memutar tubuh
Coba anda rileks, kosongkan pikiran anda yang akan mempengaruhi kemana arah tubuh anda akan berputar. Kemudian putar tubuh anda dengan kaki sebagai tumpuannya. Rasakan kemana arah tubuh anda berputar. Apabila tubuh anda berputar searah jarum jam, maka otak kanan anda lebih dominan dan sebaliknya apabila tubuh anda berputar berlawanan arah jarum jam maka otak kiri lebih dominan.

2. Tes Upil
Hihi...tes ini memang agak jorok, tapi saya yakin sebagian besar manusia pasti sering melakukannya. Lihat kebiasaan anda ngupil, kalau anda terbiasa ngupil menggunakan tangan kiri maka otak kanan lebih dominan atau sebaliknya.

3. Tes bersedekap
Bersedekap yaitu menyilangkan kedua tangan di atas dada atau perut. Cara menilainya adalah dengan melihat posisi tangan mana yang berada di atas. Kalau tangan kiri anda ada di atas, maka otak kanan lebih dominan dan begitu sebaliknya.

4. Tes kombinasi warna dan tulisan
Cara melakukannya adalah silakan anda lihat tulisan yang menyebtukan warna dengan warna tulisan yang berbeda dari tulisan. Lihat gambar di bawah ini.

Baca Juga : Cara Melatih Otak Kanan Agar Lebih Dahsyat
Silakan anda sebutkan warna dari tulisan dari gambar di atas. Dengan tes ini maka akan terjadi konflik antara otak kanan dan otak kiri. Otak kanan akan menyebtukan warna sedangkan otak kiri akan menyebutkan tulisan. Nah, jika anda lebih kuat atau cenderung menyebutkan warna maka otak kanan anda lebih dominan dan apabila anda cenderung membaca tulisan, maka otak kiri lebih dominan.

Cara menyimpulkan hasil tes :
Kita kelompokan tes di atas menjadi 2 tes, test nomor 1 (berputar) kita sebut sebagai tes B dan tes 2 - 4 kita sebut sebagai tes B. Berikut kesimpulan dari kedua tes tersebut.


Baca Juga : Rahasia Menjadikan Otak Lebih Cerdas
  • tes A : Kanan + tes B: Kiri -->( seimbang cenderung kanan ):sangat perhatian , konvensional, berbelit-belit, cepat akrb dengan orang lain, waspada, pengalah dan stabil
-----------------------------------------------------------------------------------------------
  • tes A : kanan + tes B : kanan ---> (dominan otak kanan) : suka tantangan dan bersikap apa adanya, cepat bertindak , imajinasi kuat, selalu ingin tahu dan suka tantangan, ceroboh dan nekad, jarang mendengarkan pendapat
-----------------------------------------------------------------------------------------------
  • tes A : kiri + tes B : Kiri --->(dominan otak kiri) : berdedikasi, cuek, perfeksionis, logis,selalu merasa benar,bisa dipecaya,memiliki banyak hal yang membanggakan , lawan yang tangguh
-----------------------------------------------------------------------------------------------
  • tes A : kiri + tes B : kanan --->(seimbang cenderung kiri) : suka mengurusi orang lain , berbakat jadi pemimpin, pandai berbicara dan menyiasati situasi, perhatian,tenang,bertanggung jawab,selalu berhati-hati dalam penampilan

5 Responses to "Otak Kanan atau Kiri, Mari Kita Lakukan Test Sederhana"

  1. Bagaimana doh ini mbak ?? Bingung saya menyimpulkan, pasalnya hanya poin nmr 2 saya dominan ke otak kanan (ngupil pake jari kiri) lainnya mah otak kiri semua yg dominan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak usah bingung mas, masing-masing orang kan memiliki kareanter sendiri-sendiri, tes di atas hanya untuk menjadi indkator saja otak mana yang lebih dominan, silakan mas herman baca juga cara optimasi otak kanan

      Hapus
    2. Saya sering menyilangkan jari tangan dan ibu jari kiri lebih dominan di atas ibu jari kanan itu bagaimana ya

      Hapus
  2. lebih dominan otak kanan ini aku,, :D

    BalasHapus
  3. Kak wik lebih dominan otak kanan
    Oa ada cara laen enggak untuk mengetahuinya kak

    BalasHapus