Kehebatan Otak Kanan dan Cara Melatih Menjadi Lebih Dahsyat

Kehebatan Otak Kanan dan Cara Melatih Menjadi Lebih Dahsyat ~ Dalam artikel beberap bulan yang lalu saya sudah membahas tentang bagaimana cara membedakan apakah otak kanan atau otak kiri yang mendominasi karakter atau kepribadian seseorang. Dalam artikel tersebut juga dijelaskan bagaimana cara melakukan teset sederhana untuk mengukur otak kanan atau otak kiri yang lebih dominan. Kalau anda belum tahu dan belum membacanya ada baiknya sebelum melanjutkan pembahasan tentang kehebatan otak kanan anda baca dulu Otak Kanan atau Otak Kiri, Mari Kita Lakukan Test Sederhana.

Mungkin sebagaian dari kita ada yang belum tahu bahwa otak manusia itu terbagi atas dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri. Dan yang lebih penting otak kanan atau otak kiri tersebutlah yang akan mempegaruhi pola hidup dan karakter manusia. Kedua belah otak ini semuanya baik dan semua harus aktif secara simbang. Namun banyak para pakar untuk lebih mengoptimalkan kemampuan otak kanan.

Hal yang menakjubkan dari otak kanan adalah memiliki memiliki kapasitas 90% dan otak kiri hanya 10% saja. Otak kanan erat kaitannya dfungsi-fungsi emosi, intuitif, dan spasial serta bekerja berdasarkan kaleidoskop dan berpikir lateral (mempertimbangkan masalah dari semua sisi dan sampai pada hal yang berbeda) merupakan bagian otak yang berperan penting dalam kreatifitas 

Hasil penelitian mutakhir di AS menyebutkan, peran logika dalam membuat orang menjadi sukses hanya 4-6%, sedangkan 94-96% adalah tanggungjawab otak kanan yang banyak berhubungan dengan inovasi, kreativitas, naluri, intuisi, daya cipta, kejujuran, keuletan, tanggungjawab, kesungguhan, spirit, kedisiplinan, etika, empati dan lain-lain. 

Begitu besarnya peranan otak dalam menentukan karakter manusia yang berpengaruh terhadap kesuksesan maka sangat penting untuk melatih dan mengoptimalkan kemampuan otak kanan yang kita miliki. Berdasarkan dari karakter otak kanan yang sudah diketahui di atas maka kita bisa melakukan latihan-latihan sederhana untuk lebih mengoptimalkan kemampuan otak kanan yang kita miliki.


8 cara melatih otak kanan agar lebih dahsyat :

1. Cari Jalan Alternatif
Latihlah otak kita untuk selalu bertanya apakah ada cara lain dari setiap masalah yang dihadapi. Ini akan melatih otak kanan berpikir kreatif dan mencari solusi yang berbeda dari setiap masalah

2. Keluar dari kebiasaan
Inovatif adalah berbeda dari pada umumnya. Inilah kemampuan yang dimiliki oleh otak kanan. Maka sewaktu-waktu bisa saja ktia menentang kebiasaan, rutinitas, dan tradisi. Sifa inilah yang dimiliki oleh para entrepreneur pasti punya latar belakang yang tidak biasa dan menentang tradisi!"

3. Memainkan permainan
Bermain bukan monopoli anak-anak. Seorang dewasapun juga harus melakukan permainan mental, berusaha melihat masalah dari berbagai sudut pandang. Main rubik adalah salah satu untuk mengasah otak kanan dalam memlihat masaah dari berbagai sudut pandang

4. Jawaban benar tidak SATU
Ini tidak berlaku untuk para siswa yang sedang belajar lho. Ini hanya berlaku untuk masalah hidup yang datang dari Tuhan yang memang sudah disediakan banyak jawaban untuk menyelesaikannya. Jadi kebenaran tidak SATU bisa saja dua atau tiga.

5. Melihat masalah sebagai batu loncatan
Masalah bukan untuk dihindari tapi untuk didahapi, terkadang dari masala itulah kita menapatkan ide-ide baru. Maka ketika mendapat masalah berhentilah MENGELUH, yakin bahwa dalam masalah itu ada sesuatu atau hikmah yang berharga untuk kehidupan kita kelak.

6. Belajar dari kesalahan dan kegagalan 
Salah dan gagal dalam mencapai sesutu bukan akhir segalanya. Justru ketika gagal Tuhan sedang mengajari kita untuk sukses. Maka janga berhent ketika menemukan kegagalan, yakitkan otak kita bahwa sukses hanya tinggal satu langkah lagi. 

7. Menghubungkan ide-ide yang tidak berhubungan untuk menemukan solusi yang baru dan inovatif. "Jangankan menghubungkan ide, ber-ide aja susah.. yang ada juga copas ide!"

8. Memiliki "keteramplian helicopter" yaitu melihat dari atas dan menyeluruh terhadap berbagai hal rutin yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan kemudian mengambil keputusan yang sesuai dengan masalah yang dihadapi.

Nah demikian pembahasan kita tentang Kehebatan Otak Kanan dan Cara Melatih Menjadi Lebih Dahsyat semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan motivasi bagi saya, anda dan kita semua untuk bergerak ke arah yang lebih baik. 

0 Response to "Kehebatan Otak Kanan dan Cara Melatih Menjadi Lebih Dahsyat"

Posting Komentar