Cara Membuat Blog Menjadi 100% SEO Friendly



Cara Membuat Blog Menjadi 100% SEO Friendly ~ Blog SEO friendly adalah blog yang sangat disukai oleh mesin pencari. Seperti kita ketahui bahwa mesin pencari adalah merupakan penyumbang traffic terbesar bagi web/blog. Hal ini dikarenakan para pencari inforasi di internet menggunakan mesin pencari untuk menemukan apa yang mereka cari. Mesin pencari yang paling banyak digunakan adalah google.

Membuat blog 100% SEO friendly di google menjadi sebuah usaha yang banyak dilakukan oleh para blogger. Banyak cara yang dilakukan. Yang paling utama dan mendasar adalah membuat blog menjadi super SEO friendly. Dalam usaha ini dikenal adanya istilah SEO on page. Nah di bawah ini ada beberapa trik SEO on page yang bisa dilakukan agar blog menjadi lebih SEO friendly.

Sebagai catatan saja, bahwa trik ini sudah diuji dengan menggunakan tool cek SEO online, CHKME.COM. Jadi, kalau anda mengujinya dengan menggunakan tool lain dan ada perbedaan hasil maka jangan komplain di sini. Hehehe.....

Cara membuat Blog Menjadi 100% SEO Friendly


Sebelum kita memasuki tahap ngoprek templet, ada catatan penting yang harus kita penuhi. Diantaranya yaitu :
  1. Blog harus memiliki tag heading H1 dan H2, dan H3 sebagai optional.
  2. Setiap judul (judul blog/judul post) tidak boleh terlalu panjang dan juga tidak boleh terlalu pendek, tetapi yang sedang-sedang saja dan bersifat deskriptip.
  3. Blog harus memiliki deskripsi dan kata kunci (keywords) yang bisa dibaca melaui meta tag
  4. Setiap link sebaiknya memiliki deskripsi dengan cara memberikan judul yang bisa dilihat ketika link tersebut disorot oleh cursor pointer (ini tidak terlalu penting tetapi cukup membantu).
  5. Setiap gambar/image harus memiliki deskripsi dengan cara menambahkan alt tag dan title
  6. Halaman blog atau posting tidak terdapat konten flash dan tidak mengandung iframe.
  7. Selain itu, loading speed juga jangan erlalu berat agar pengunjung tetap bisa mengakses blog kita meskipun dengan koneksi yang lemot.
Nah itu adalah hal yang penting harus dipenuhi agar blog menjadi lebih SEO frienly. Sekarang mari kita lakukan edit pada templet blog agar menjadi 100% SEO friendly di chkme.

Mengedit templet blog agar menjadi 100% SEO Friendly
  1. Cari dan hapus semua kode: <b:include name='quickedit'/> Kode yang tidak terlalu penting ini seringkali yang membuat error template anda. Bukan hanya itu jika ada kode ini di template anda maka skor SEO template anda akan semakin berkurang. Saran saya juga setiap kali anda menambahakan widget baru di template anda, sebaikanya cari dan hapus kode diatas.
  2. Tambahkan Meta tag seperti dibawah ini jika template anda tidak ada metadeskripsinya. Misalnya <meta content='deskrpsi blog anda' name='description'/> dan <meta content='keyword blog andaname='keywords'/>Cek juga apakah meta tag anda mengalami duplikat konten atau tidak karna jika mengalami duplikat konten otomatis blog anda jelek SEOnya. Anda dapat membaca; Cara  mengatasi duplikat deskripsi dan tag meta di blog.
  3. Pada gambar jangan lupa tambahkan tag title="titel gambar" dan img alt="kode gambar".gambar kecil sebaiknya gunakan format gif atau png. Jika anda memasukan gambar di postingan silahkan hapus semua  kode border="0"
  4. Cari tanda --------------- */  atau tanda  /* ------------------hapus garis-garisnya contoh: /* Header------------- */  sehingga menjadi  pendek  atau seperti: /* Header*/
  5. Jika perlu, cari kode b:include data='blog' name='all-head-content'/> hapus dan ganti dengan meta tag manual, dan hapus semua meta tag yang dianggap error oleh Markup Validation Service. Untuk meta tag manual coba cek di artikel seocips yang lainnya. Silahkan baca; cara memasang meta tag yang SEO Frendly diblog.
  6. Ganti kode </html> terletak paling bawah dengan kode </HTML> (ganti huruf kecil html dengan huruf besar HTML)
  7. Silahkan di cek di chkme.com dan lihat hasilnya.

Nah itu adalah Cara Membuat Blog Menjadi 100% SEO Friendly, semoga dengan menerapkan teknik di atas blog anda menjadi lebih SEO friendly sehingga akan kebanjiran traffic dari mesin pencari.

3 Responses to "Cara Membuat Blog Menjadi 100% SEO Friendly"

  1. Yang anda tulis di blog ini memang salah satu tips agar membuat blog SEO friendly, menurut saya Uniqe Konten & Berkualitas tetap menjadi andalan utama,
    Jika berkenan silahkan mampir ke blog saya, disana saya juga menulis tentang SEO sebagai referensi lain.

    http://gratisko.blogspot.com/2015/08/cara-membuat-blog-yang-seo-frienldy.html

    BalasHapus