Hebat!!! Tidak Lulus SD Memiliki 580 Bank Tani



Hebat!!! Tidak Lulus SD Memiliki 580 Bank Tani ~ Hebat!!! Inilah kata pertama yang saya tulis sebagai ungkapan betapa terpukaunya saya dengan tokoh yang satu ini. Dia sekolah SD saja tidak lulus tapi bisa mendirikan 580 lembaga keuangan yang didedikasikan untuk para petani agar mudah mendapatkan modal untuk pengembangan usaha para petani. Siapa dia???

Masril Koto adalah tokoh petani dari Sumatera Barat yang sangat menginspiratf. Dia merupakan pendiri Bank Tani atau Bank Petani dalam bentuk Lembaga Keuangan Mikro Agrobisnis (LKMA) Prima Tani di Nagari Koto Tinggi, Baso, Agam, Sumatera Barat. Lembaga keuangan para petani ini dirintis oleh Masril Koto sejak tahun 2002, namun baru para tahun 2006 LKMA resmi didirikan setelah Masril dan kawan-kawan petaninya mendapatkan pelatihan keuangan dalam bentuk akutansi sederhana dari Yayasan Alumni Fakultas Pertanian Universitas Andalas (AFTA), Padang. Sistim bank yang didirikannya itu diadopsi oleh pemerintah dan menjadi cikal bakal Program Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) nasional.

Tidak ada yang istimewa dari latar balakang kehidupan Masril Koto.Ia merupakan anak pertama dari delapan bersaudara. Lelaki berkulit legam ini berasal dari Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Dia adalah seorang petani dan peternak kampungnya. Dengan semangat membantu sesama petani pada tahun 2006 ia mendidikan Lembaga Keuangan Mikro Agrobisnis, dan sejak itulah dia menjadi seorang banker. 

Yang menarik, ternyata dia bukan serang lulusan perguruan tinggi ekonomi, Masril Koto hanya seorang lulusan SD yang sederhana. Kesederdahaannya tercermin dari penampilannya dalam setiap acara. Misalnya, ia menggunakan sandal jepit saat menjadi pembicara dalam Seminar Nasional Inklusi Keuangan Kawasan Timur Indonesia di Hotel Sahid Makassar dan menggunakan kaos putih serta jaket dan celana kain hitam dalam acara Kick Andy yang menjadikan ia sebagai tamu paling sederhana di antara tamu lainnya.

Berkat kegigihannya dia mendapatkan berbagai penghargaan, diantaranya yaitu Danamon Award dan Indonesia Berprestasi Award yang didapatkannya pada tahun 2010. Dan berkat kegigihannya pula, kini para petani di Sumatera Barat memiliki akses permodalan untuk pengembangan usaha taninya.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Masril_Koto

1 Response to "Hebat!!! Tidak Lulus SD Memiliki 580 Bank Tani"

  1. ambo bangga jo uda ,, lanjuikkan da ,, mkasih gan ,,, postingan yang bagus dan bermanfaat ini layaknya di share ajja ,, nih saya bantu ngeshare ,, ,, jgn lupa kunbal nya pulsagratisandroidku.blogspot.com terimakasih skali lagi gan , maju terus blog nya ,,, !

    BalasHapus