9 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Kesehatan Otak

9 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Kesehatan Otak | Menjaga kesehatan otak mutlak diperlukan. Otak adalah organ terpenting dari struktur sistem manusia. Otak adalah pusat pengendali dari seluruh organ manusia. Namun seiringa berjalannya waktu, fungsi otak akan terus mengalami penurunan bahkan mengalami kerusakan sehingga berhenti dari beberapa fungsi otak. Selain proses perjalanan waktu, kebiasaan buruk yang biasa dilakukan manusia juga bisa mempercepat kerusakan otak dan memperparahnya.
 
9 Kebiasaan buruk yang merusak kesehatan otak di bawah ini perlu anda ketahui dan anda hindari sebisa mungkin. Karena kalau anda tetap berada dalam kebiasaan buruk tersebut, anda akan secara cepat kehilangan fungsi otak anda secara optimal.
 
Inilah 9 kebiasaan buruk yang merusak kesehatan otak yang perlu anda hindari :
1. Menyepelkan sarapan
Orang cenderung memandang sepele masalah sarapan, bahkan ada orang yang tidak mau sarapan dikala pagi dan malah bangga karena bisa bekerja tanpa sarapan terlebih dahulu. Tidak sarapan sebelum bekerja bisa menyebabkan tubuh kekurangan gula darah yang berakibat pada kurangnya masukan nutrisi pada otak akhirnya terjadi kemunduran fungsi otak.
2. Terlalu banyak makan
Sarapan memang dianjurkan, makan siang dan makan malam juga dianjurkan tapi terlalu banuyak makan juga tidak baik. Maka betul dengan nasihat yang mengatakan "makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang". Terlalu banyak makan apalagi yang mengandung glukosal (gula darah) tinggi bisa menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah dan menghambat penyerapan protein dan gizi lainnya dalam otak.
3. Suka makanan instan
Makanan instan merupakan cara cepat menghilangkan lapar, tapi makanan ini juga merupakan sumber racun bagi tubu manusia. Di dalamnya terdapat bahan pengawet, pewarna buatan, penguat rasa dan bahan-bahan kimia lainnya yang bisa mengakibatkan rusaknya saraf-saraf pada otak manusia.
4. Kebiasaan Merokok
Merokok berakibat menyusutnya volume otak kita akhirnya kehilangan fungsi-fungsinya dan perkembangan otak terganggu.
5. Terbiasa berada di lingkungan polusi udara
Otak adalah organ tubuh yang paling banyak menyerap udara. udara yang tidak sehat akan merusakan kesehatan otak manusia. 
6. Kebiasaan kurang tidur
Otak merupakan organ yang paling banuyak bekerja, mungkin pada saat tubuh anda beristirahat otak anda akan tetap bekerja memikirkan banyak hal. Satu-satunya jalan mengistirahatkan otak adalah dengan tidur. Kurang tidur bisa menyebabkan sel-sel otak mati kelelahan.
7. Kebisasaan berpikir keras
Otak manusia sama halnya dengan sebuah processor pada komputer, semakin banyak bekerja maka semakin panas tuh processor, begitu juga dengan otak manusia. Maka untuk menjaga kesehatan otak, usahakan agar tidak terlalu berpikir keras. 
8. Kebiasaan pasif
Pasif atau kurang aktifiitas dalam kehidupan sehari-hari bisa mengakibatkan otak tidak terstimulasi dengan baik. Banyak kegiatan-kegiatan ringan yang bisa menstimulasi otak manusia, seprti bersih-bserih di lingkungan rumah, jalan-jalan di pagi hari, bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. Orang yang cenderung pasif dan individualis akan lebih cepat mengalami kerusakan pada otaknya.
9. Kebiasaan tutup mulut
Bicara merupakan cara terbaik untuk meluapkan segala hal yang mengganjal dalam pikiran. Ketika sebuah rasa yang mengganjal tidak dibicarakan maka otaklah yang akan bekerja keras secara sendiri. Dengan berbicara maka kerja otak akan dikurangi. Kebiasaan diam dan memendam rasa sendiri akan mempercepat kerusakan otak.
 
Nah itulah 9 kebiasaan buruk yang merusak kesehatan otak, maka hindarilah dan jaga kesehatan otak dengan banyak melakukan stimulasi otak serta mengkonsumsi makanan-makanan gizi seimbang teruatama yang mengandung omega 3 dan vitamin B komplek.

0 Response to "9 Kebiasaan Buruk Yang Merusak Kesehatan Otak"

Posting Komentar