Apa Saja Yang Harus Dipersiapan Sebelum Persalinan atau Melahirkan

Apa Saja Yang Harus Dipersiapan Sebelum Persalinan atau Melahirkan adalah sebuah artikel yang saya pesembahkan kepada para calon ibu dan calon ayah yang sedang menunggu kelahiran buah hati yang dirindukan. Bagi calon ibu dan calon ayah pemula menunggu kelahiran sanga buah hati adalah momen-momen yang sangat mendebarkan dan terkadang membuat lupa hal-hal yang justru sangat urgen. Alhasil saat tibanya sang buah hati lahir kurang persiapan. Hal ini juga pernah saya alami pada saat melahirkan anak pertama saya.

Untuk itu sangat penting bagi saya untuk berbagi pengalaman agar apa yang terjadi pada saya tidak terjadi pada anda. Oke, langsung saja kepada bahasa tentang apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melahirkan.

Kesehatan Ibu Hami
Hal yang paling penting untuk dipersiapkan adalah kesehatan ibu hamil baik lahir maupun batin. Untuk itu sangat penting bagi ibu hamil untuk memersikskan kesehatan ibu dan kandungan secara rutin kepada dokter atau bidan berpengalaman. Anda harus memiliki dokter atau bidan yang anda percaya bisa mengontrol kesehatan anda dan kandungan anda serta bisa memberikan nasihat-nasihat tentang kesehatan ibu dan kandungan.
Selain rajin mengontrol kesehatan, ibu hamil juga harus melakukan senam hamil atau sering melakukan aktifitas ringan. Aktitifias ringan ini dipercaya bisa menstimulasi posisi bayi dalam rahim agar pada saatnya lahir sudah ada pada posisi yang benar. Banyak orang tua yang menyarankan agar tidak terlalu banyak minum-minuman manis, karena khawatir akan membuat bayi yang dilahirkan nanti menjadi terlalu besar atau gemuk. Nah alangkah baiknya kalau anda mematuhi nasihat-nasihat dari orang tua tersebut.

Jaga Kerbsihan Diri
Anda bisa menjaga kebersihan diri dengan melaukan beberapa aktivitas yang dapat anda lakukan menjelang persalinan, misalnya bersih-bersih tubuh dengan mandi dan membersihkan badan, ini akan mengurangi kemungkinan adanya kuman yang masuk selama persalinan. Hal ini mengurangi terjadinya infeksi sesudah melahirkan.
Selain itu juga bersihkan didaerh intim anda,misal dengan mencukur bulu kemaluan, hal ini akan mempermudah penjahitan jika ibu ternyata diepisiotomi.

Tempat Melahirkan
Cara terbaik mempersiapkan tempat kelahiran adalah dengan datang kepada dokter atau bidan kepercayaan anda. Anda tidak perlu repot mempersiapan ranjang persalinan dan lain sebagainya. Semuanya sudah dipersiapkan oleh dokter dan bidang. Namun kalau terpaksa harus melahirkan di rumah karena kondisi tertentu maka persiapkanlah ranjang perslinan yang nyaman yang sudah dilapisi karpet agar darah perasilan tidak mengotori kasur di bawahnya. Selain itu juga persiapkan wadah untuk ari-ari sang jabang bayi.

Perlengkapak untuk melahirkan
Anda pasti sudah diberi tahu kapan predisik bayi anda akan lahir. Maka persiapkanlah semua perlengkap jauh-jauh hari sebalum tanggal kelahiran. Misal sebulan sebelumnya anda sudah belanjag perlengkapa persalinan. Maka inilah perlengkapan melahirkan yang harus anda persiapkan.
a. Alas tahan air (water proof) untuk di mobil selama perjalanan ke rumah sakit.
b. Minyak untuk memijit, untuk mengurangi rasa sakit.
c. Alat-alat mandi seperti sabun, tutup kepala, handuk, dll.
d. Lip balm, sikat gigi dan odol, sisir, ikat rambut.
e. Baju ganti (gunakan baju yang nyaman dan menyerap keringat)
f. Radiotape, CD atau musik yang menenangkan.
g. Bantal dari rumah.


Untuk Ayah :
a. Jam tangan
b. Kartu atau kunjungan pemeriksaan kehamilan, KTP (suami-istri, beserta foto kopinya)
c. Alat mandi : sikat gigi, odol, sisir, dll.
d. Makanan kecil.
e. Baju ganti atau sweater.
f. Kertas, pensil, buku, majalah untuk membaca.
g. No. telp saudara atau teman.

Untuk Ibu, setelah melahirkan :
a. Baju atau gaun yang dapat dibuka dari depan (berkancing di depan) agar dapat menyusui.
b. Kosmetik
c. Bra yang sesuai
d. Makanan ringan yang disukai
e. Baju untuk pulang, perlu diingat badan ibu akan terlihat seperti hamil 5 - 6 bulan, jadi siapkan baju yang sesuai.

Untuk Bayi :
a. Kain flannel beberapa buah (3 - 4 buah)
b. Pakaian bayi, 2 pasang (siapkan 2 ukuran)
c. Popok, dapat menggunakan popok kain atau popok sekali pakai.
d. Sarung tangan, sarung kaki, topi (penutup kepala)
e. Bedak, minyak angin.
f. Selimut untuk membungkus bayi selama di perjalanan pulang.


Tenanga diri anda dan hindari kepanikan
Sangat penting untuk menjaga kondisi psikis ata kejiwaan ibu hamil saat menjelang melahirkan. Jangan tegang atau dibuat tegang. Dengarkan musik-musik yang menangkan atau dengan melihat lingkungan luar yang menyejukan. Kalau anda melahirkan di dokter atau bidan maka anda bisa berjalan-jalan kecil di sekeliling tempat anda akan melahirkan agar ketegangan itu hilang.

Nah itulah hal-hal yang harus dipersipkan menjelang melahirkan, semoga bermanfaat dan anda beserta bayi anda selamat dan sehat. Semoga kelahiran ibu menyenangkan dan anak yang dilahirkan kelak menjadi anak yang bisa dibanggakan serta menambah kebahagiaan keluar besar anda.

0 Response to "Apa Saja Yang Harus Dipersiapan Sebelum Persalinan atau Melahirkan"

Posting Komentar