Cara Menghapus Virus Pada Android dan Mencegahnya Datang Kembali

Cara Menghapus Virus Pada Android dan Mencegahnya Datang Kembali | Artikel cara menghapus virus pada HP android ini merupakan kelanjutkan dari artikel saya sebelumnya bagaimana cari tahu apakah HP android terkena virus atau tidak, yaitu Indikator HP Android Sudah Terkena Virus. Mengenali saja tentu tidak cukup, hal tersebut justru malah  akan membuat panik ketika tahu bahwa ponsel android anda terkenal virus sedangkan cara membersihkannya tidak tahu.

Untuk itu artikel cara menghapus virus pada HP anroid saya persembahakan kepada anda agar anda tidak panik dan segera melakukan pembasmian terhadap virus yang bersarang di ponsel android anda.

Cara Membersihkan Virus Pada Android

Uninstall Aplikasi yang Bermasalah

Cara pertama adalah anda harus menguninstal atau mencopot aplikasi yang dicurigai sebagai pembawa virus. Hal ini bisa anda tandai denga sejak kapan ponsel anda berperilaku aneh karena virus. Mungkin saja sejak anda menginstal salah satu aplikasi yang ada pada ponsel anda, maka sebagai langkah prefentif anda harus membuang aplikasi yang dicurigai sebagai pembawa virus.

Melakukan Pengaturan Awal (Master Reset)

Dengan melakukan uninstal saja mungkin tidaklah cukup untuk membuang virus yang bersarang di android anda. Maka langkah selanjutnya yang lebih ekstrim adalah mengembalikan ponsel android anda ke setelan awal atau setelan pabrik. Untuk melakukan ini ada baiknya anda buka buku manual ponsel anda, karena setiap ponsel memiliki cara bereda dalam melakukan reset dan panduannya sudah disertakan dalam buku manual pada saat anda membeli ponsel tersebut.

Lakukan Scaning dan Cleaning Dengan Anti Virus Terpercaya

Untuk lebih memastkan bahwa virus bersih dari ponsel anda, ada baiknya anda mengintal anti virus untuk ponsel android anda. Kemudian lakukan pemindaian atau scaning dan dilanjutkan dengan pembersihan atau cleaning.

Bersihkan Memori Card Dengan Anti Virus di Komputer

Kalau memungkinakan sebaiknya anda copot dulu kartu memori anda dan pasang pada cardreader yang tersambung dengan komputer atau laptop yang sudah terinstal anti virus terbaik dan terpercaya. Saya rekomendasikan ESET NOD sebagai anti virus andalan pada komputer anda. Mengapa harus dilakukan pembesihan dengan komputer atau laptop? Sebab dengan menggunakan komputer atau laptop ada harapan virus yang masuk ke bagian terdalam sekalipun akan disapu bersih oleh anti virus yang ada pada komputer.

Nah itulah cara menghapus virus pada android anda, sekarang kita lanjutkan ke cara pencegahannya. Percuma kan kalau capek-capek membuang virus tapi kemudian virus bisa datang dan menginfeksi kembali. Maka, langkah-langkah pencegahan sangat penting untuk dilakukan 
 

Cara Mencegah Virus Datang Menyerang HP Android

Untuk bisa melakuka pencegahan kita harus tahu dulu bagaiman cara virus masuk ke dalam ponsel android anda. Ada beberapa media penyebaran yang secara umum sudah terbukti kebenaranya. Yaitu melalui situs-situs pornografi, melalui unduh data atau aplikasi, melalui transfer atau pertukarang data degan ponsel lain yang sudah terinfeks virus. Maka sangat peting bagi anda untuk menginstal anti virus terbaik seperti yang sarankan di atas.

Ada baiknya lebih berhati ketika browsing menggunakan ponsel android anda, patikan laman situs yang anda kunjungi benar-benar terpercaya dan dijami akan kebserihannya. Jangan sampai anda mendatangi situs-situs sumber penyakit atau kuman ganas. Maka kalau inging mendownload aplikasi, lagu, video atau yang lainnya pastikan anda mendapatkannya dari situs resminya. 

0 Response to "Cara Menghapus Virus Pada Android dan Mencegahnya Datang Kembali"

Posting Komentar