Cara Menyikapi Kesulitan atau Kegagalan

Cara Menyikapi Kesulitan atau Kegagalan ~ Kesulitan atau kegagalan pasti pernah menghampiri setiap manusia yang terus berusaha. Hanya mereka yang tidak pernah berusaha yang tidak pernah merasakan pahitnya kesulitan dan kegagalan. Jadi, anda harus berbangga kalau sekarang sedang atau pernah mengalami kesulitan atau kegagalan.

Tuhan menurunkan masalah kepada manusia bukan karena Tuhan benci atau tidak suka dengan manusia. Melainkan itu sebagai bentuk kecintaan dan kasih sayang-Nya yang benar-benar nyata. Karena melalu masalah yang diturunkan tersebut sejatinya Tuhan sedang menjadikan manusia bergerak ke arah yang lebih baik.

Akan tetapi tentu saja setiap masalah, ujian, kesulitan dan kegagalan maka harus disikapi dengan bijak. Masalah dan kegagalan bukan untuk diratapi yang berakibat pada surutnya semangat untuk terus bergerak ke arah yang lebih baik.

Sebagai umat Islam saya memiliki keyakinan bahwa setelah datang satu kesulitan maka akan datang banyak kemudahan. Hal ini tersurat dalam surat An-Nash dimana kata al-'ushri (kesulitan) menggunakan isim ma'rifat sedangkan yusron (kemudahan) menggunakan isim nakiroh. Hal ini menunjukkan bahwa satu kesulitan akan dibalas dengan banyak kemudahan. Hal ini sebenarnya sangat masuk akal. Bagaimana penjelasannya?

Ketika datang sebuah kesulitan, maka kita akan belajar untuk memecahkan masalah dari kesulitan tersebut. Ketika kita gagal maka kita akan mendapatkan banyak pelajaran. Dari hasil pembelajran tersebut maka kita mendapatkan pengalaman berharga, dan kita tahu bahwa pengalaman adalah pelajaran terbaik atau guru terbaik. Dampak positifnya maka kita akan lebih terbiasa menghadapi atau memecahkan banyak masalah, itu artinya kita mendapatkan banyak kemudahan.

Contoh kasus :
Sebagai blogger, saya akhir-akhir ini mendapatkan kesulitan dimana traffic blog menurun drastis karena templet blog tidak mobile friendly. Dari hal tersebut akhirnya saya banyak mempelajari tentang seluk beluk templet agar SEO friendly dan sekligus mobile friendly. Sempat gonta-ganti templet dan tahu betul efek dari gonta-ganti templet tersebut. Nah dari sini saya banyak memiliki pengalaman baru yang bisa saya jadikan modal ke depan dalam mengelola sebuah blog. Itu artinya, kesulitan sebelumnya akan menjadi kemudahan saya di hari berikutnya.

Kesimpulan Cara Menyikapi Kesultian atau Kegagalan
Hadapi masalah dengan pikiran terang, jiwa tenang dan sikap bijaksana. Jangan panik dan terkesan over dalam menyikapi kegagalan, namun tetap tenang dan terus berpkiri mencari jalan keluar terbaik.

0 Response to "Cara Menyikapi Kesulitan atau Kegagalan"

Posting Komentar