Mengenal Jaringan 5G, Teknologi Komunikasi Terbaru Yang Akan Merubah Dunia

Mengenal Jaringan 5G, Teknologi Komunikasi Terbaru Yang Akan Merubah Dunia | Teknologi komunikasi 4G LTE saja masih sangat baru bahkan belum semua wilayah di Indonesia bisa menikmatinya. Namun kini beredar kebar bahwa para perusahaan telekomunikasi sedang merancang sebuah teknologi yang selangkah lebih maju dibanding teknologi 4G.

4G LTE merupakan teknologi telekomunikasi yang dikembangkan dari teknologi terdahulunya yaitu 2G dan 3G. Teknologi ini sudah memberikan kenyamanan para pengguna dalam hal berselanjar di dunia maya. Browsing internet menjadi lebih cepat, nonton video streming tanpa delay, komunikasi audio maupun video bisa berlangsung secara lancar dan dengan suara jernih serta gambar yang tajam.

Kenyamanan dari teknologi 4G baru bisa dinikmati oleh mereka yang tinggal di kota-kota besar saja, sedangkan yang tinggal di daerah masih harus bersabar menggunakan teknologi 3G bahkan masih ada yang menggunakan 2G.

Nah, saat ini kabarnya akan diluncurkan lagi teknologi 5G LTE yang sedang dikembangkan di berbagai negara. Intel dan Ericson membentuk sebuah aliansi untuk mengembangkan teknologi 5G LTE ini. Bahkan di Cina, sudah mulai melakukan teknologi uji spektrum terhadap teknologi 5G LTE ini. Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Sebelum kita bahas dengan teknologi 5G LTE di Indonesia, mari kita intip apa saja kelebihdan dari teknologi 5G LTE ini jika berhasil dikembangkan dan diterapkan di Indonesia.

Kelebihan Tekologi 5G LTE

1. Kecepatan Luar Biasa
Salah satu alasan mengapa tekonlogi komunikasi nirkabel terus dikembangkan adalah alasan kecepatan transfer data. Semakin cepat proses transfer data, makan komunikasi akan semakin lancar dan nyaman. Hal ini sudah bisa dirasakan pada teknologi 4G LTE, meskipun mungkin masih ada beberapa masalah yang harus dihadapi. Maka karena itulah, teknologi 5G LTE dikembangkan untuk menyempurnakan kekuarangan yang ada pada tekonlogi 4G LTE. Alhasail, kecepatan luar biasa akan dinikmati oleh para penggunanya. Kecepatan 5G dinilai mampu 1000 kali lebih cepat dibandingkan dengan teknologi jaringan 4G yang ada saat ini. 5G mampu memberikan kecepatan hingga 5Gbit/s. Jika Anda mau mendownload sudah tidak akan kelamaan lagi.

2. Minim Gangguan
Selain kecepatan yang super cepat, jaringan 5G dinilai lebih nyaman digunakan. Pasalnya teknologi 3G bahkan hingga 4G sampai saat ini masih sering mengalami gangguan, namun berbeda jika sudah menginjak teknologi jaringan 5G. Namun, tentu saja ada hal yang dapat memicu kualitas sinyal yang diberikan jaringan ini, seperti lokasi.

3. Mendukung Teknologi Baru
Dengan hadirnya teknologi jaringan 5G ini, maka tak dapat dipungkiri pula beragam teknologi baru akan bermunculan. Seperti smartphone 5G, bahkan sampai modem 5G yang sampai saat ini mulai banyak dikembangkan.

4. Minimnya Latensi
Latensi merupakan feedback dari sebuah sinyal yang diberikan dan diterima ketika melakukan klik yang berhubungan dengan Internet. Jika pada jaringan 4G LTE membutuhkan kisaran waktu 10 milidetik, di jaringan 5G jauh lebih cepat. Pada jaringan 5G batas maksimal latensi hanya 1 milidetik. Coba Anda bayangkan kecepatannya?

Teknologo 5G LTE di Indonesia

Bagimana dengan Indonesia? Apakah sudah siap menyambut kehadiran teknologi generasi terbaru ini? Siap tidak siap maka sebagai negara yang merupakan bagian dari komunitas dunia maka harus siap dengan perubahan ini. Meskipun mungkin saat ini teknologi 5G LTE masih dalam tahap pengembangan tapi Indonesia harus bersiap-siap menyambutnya. Namun demikian, beredar kabar bahwa teknologi 5G LTE di Indonesi akan bisa dinikmati para pertengah 2018 bahkan mungkin di tahun 2020. Hmmm....

0 Response to "Mengenal Jaringan 5G, Teknologi Komunikasi Terbaru Yang Akan Merubah Dunia"

Posting Komentar