Mesin Perontok Padi Modern dan Masalahnya

Mesin Perontok Padi Modern dan Masalahnya ~ Dunia memang terus berkembang. Teknologi terbaru setiap saat berhasil diciptakan oleh para ilmuwan. Lambat tapi pasti, peranan manusian mulai tergantikan oleh teknologi. Tidak hanya di dunia industri, di bidang pertanianpun teknoligi modern mulai menggantikan peranan manusia. Kalau traktor sudah sedari dulu menggantikan peranan manusia dan kerbau untuk membajak sawah.

Kini teknologi terbaru hadir di dunia pertanian, yaitu mesin perontok padi. Kalau dulu pekerjaan ini masih mengandalkan tenaga manusia untuk melakukannya. Lihat gambar petani di bawah ini yang sedang memanen padi.

Namun peranan manusia seperti tampak pada gambar di atas mungkin sebentar lagi sudah tidak dibutuhkan lagi. Sebab, sekarang para kelompok tani di desa-desa sudah mulai kedatangan mesin perontok padi yang multifungsi. Mesin tersebut tidak hanya merontokan padi tapi mulai dari memotong batang padi bisa dilakukan oleh mesin tersebut. Cara kerjanya sangat sederhana, tingga bawa turun mesin kesawah, hidupkan dan dorong, maka mesin akan memotong batang-batang padi dan keluar sudah dalam bentuk gabah/ padi yang bersih. Di bawah ini adalah gambar mesin perontok padi tersebut.
mesin perontok padi
mesin perontok padi modern

Melihat kondisi demikian, bagaimana nasib para buruh tani. Orang-orang yang biasa bekerja memanen padi mulai dari memotong sampai merontokan padi dengan upah sejumlah padi yang tidak terlalu banyak akan kehilangan mata pencaharian atau kehilangan pekerjaannya.

Ya, teknologi dan modernisasi memang selalu menyisakan masalah, entah itu masalah lingkungan maupun masalah ekonomi dan sosial. Apabilan semua pemilik sawah nantinya menggunakan mesin perontok padi untuk memanen padinya, maka akan ada banyak sekali orang yang bingung harus kemana mencari sesuap nasi. Karena pada akhirnya sumber mata pencaharian merke dikuasi oleh para ilmuwan, dikuasai oleh para pemilik teknologi. Huh.............

0 Response to "Mesin Perontok Padi Modern dan Masalahnya"

Posting Komentar