Tips Memotivasi Diri Sendiri Agar Lebih Optimis

Tips Memotivasi Diri Sendiri Agar Lebih Optimis ~ Menjalani hidup memang harus dengan sikap optimis. Selain itu hidup harus memiliki mimpi atau tujuan atau cita-cita yang jauh ke depan. Akan tetapi, yang namanya manusia tidak lepas dari sebuah keadaan pasang surut. Demikian pula dengan sebuah kondisi kejiawan seseorang. Ada kalanya meluap-luap penuh ambisi, penus semangat, penuh gairah tapi dilain waktu kondisi kejiwaan merosot drastis menjadi loyo, tidak bersemangat, bahkan hampir mendekati putus asa.

Nah ketika dalam kondisi down sperti itu apa yang harus kita lakukan. Berikut adala tips memotivasi diri sendiri yang saya baca dari berabgai sumber dan sudah saya modifikasi sesuai dengan selera saya. Hehehe....

6 Tips Memotivasi Diri Sendiri Agar Lebih Optimis
1. Lupakan sejenak
Hal yang pertama harus anda lakukan adalah lupakan sejenak segala hal yang membebani pikiran anda. Hal ini bisa anda lakukan dengan refresing bersama keluarga. Tentu tidak harus berdarma wisata ke tempat yang jauh dengan biaya mahal, karena hal ini justru akan menambah beban pikiran anda nantinya. Anda bisa melakukan hal sederhana tapi menyenangkan, misal jalan-jalan ke taman kota bersama keluarga anda, nikmati setiap keadaan lingkunga dan bisa dilakukan dengan makan makanan pavorit anda.

2. Ceritakan beban anda
Banyak orang yang mengatakan bahwa menceritkan beban pikiran bisa mengurangi sedikit rasa stres. Tentu anda harus menceritakan beban pikiran anda dengan orang-orang terpercaya anda, apalagi kalau hal itu menyangkut sebuah rahasia besar. Anda bisa membicarakannya dengan istri/suami atau anak-anak anda yang sudah cukup umur untuk bisa mencerna atau memahami masalah anda. Lakukan itu dengan santi, bisa sambil minum secangkir teh atau kopi tergantung selera anda.

3. Lakukan Relaksasi
Kalau anda sudah terbiasa melakukan meditas, maka relaksasi bisa dilakukan dengan cara meditasi. Kalau tidak terbiasa, bisa dilakukan dengan cara menarif nafas dalam-dalam kemudian lepaskan dari hidung, lakukan berulang-ulang sampai anda benar-benar merasa rileks.

4. Ambil hal positif
Dari setiap kejadian, meskipun itu sebuah kegagalan pasti ada sisi positifnya. Ambil itu dan jadikan sebagai motivator bagi diri anda sendiri.

5. Kata-kata positif
Sebutkan kata-kata positif yang ditujukan untuk diri anda sendiri. Misal, saya akan sukses, saya akan bangkit kembali, saya akan berhasil, saya akan bahagia, saya akan menjadi kaya dan kata-kata positif lainnya. Lakuka itu secara berulang dalam keadaan rilek kepada diri anda sendiri, seolah-olah anda sedang melakukan hipnoterapi untuk diri anda sendiri.

6. Pelajari
Silakan anda pelajari apa saja yang menyebabkan anda anda menjadi down, menjagi tidak bergairah. Ambil setiap hal postif dari hal tersebut, dan bangkitlah anda untuk melanjutkan hidup anda dengan penuh semangat.

0 Response to "Tips Memotivasi Diri Sendiri Agar Lebih Optimis"

Posting Komentar