Optimasi Blog SEO On Page Ampuh 2014



Optimasi Blog SEO On Page Ampuh 2014 ~ Tips SEO adalah bonus artikel dari blog Inspirasi dan Motivasi Hidup. Sebelumnya saya sudah menulis beberapa artikel yang masuk ke dalam kategori SEO (Search Engine Optimazition), diantaranya adalah :
1. Strategi SEO Blog Baru pada 3 Bulan pertama
2. Templet Super SEO
3. Bagaimana agar blog muncul di google
4. 1000 dolar dari google adsense pada 3 bulan pertama

Optimasi SEO On Page adalah hal yang paling fundamental pada sebuah blog. Jadi, agar blog bisa muncul dan bersaing dengan jutaan blog lain dengan nice keyword yang sama, maka blog tersebut harus mudah dirayapi dan diindek oleh google bot. Dalam istilah perSEOan di sebut SEO Friendly. Ada beberapa faktor yang menyebabkan sebuah blog menjadi sangat SEO Friendly, di antaranya adalah :
1. Nama Domain
2. Judul blog
3. Deskripsi blog
4. Keyword blog
5. Tag heading
6. Konten
7. Internal link

7 Faktor Pendukung SEO On Page tesebtu di atas harus dimiliki oleh sebuh blog. Apa masih ada yang bingung. Oke, sebagai pemula seperti saya, dikala mempelajari tentang ilmu SEO memang terkadang sangat membingungkan, belum lagi ditambah dengan banyak informasi yang terkadang saling bertolak belakang. Agar memudahkan pemahaman kita tentang 7 faktor SEO on page di atas mari kita bahas secara singkat.

1. Nama Domain
Domain adalah pembeda antara blog atau web yang satu dengan yang lain. Atau kita kenal dengan istilah alamat web atau blog. Contoh www.blogku.com. Nah ketika kita akan membuat sebuah blog harus tepat dalam menetapkan nama domain. Tepat dimaksud adalah serasi dengan nice keyword yang akan kita bidik. Misal, kita akan membidik keyword tentang pertanian maka kita bisa membuat blog dengan doman atau alamat www.bertanisukses.com.

2. Judul Blog atau Blog Title
Ini merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah blog. Judul blog ini yang menunjukan identitas blog kita kepada para visitor. Malah kebanyak pengunjung tidak menghafal apa alamat blog atau web tapi menghafal judl dari blog atau web tersebut. Nah, pada saat mereka akan mengunjunginya kembali akan mengetikan judul tersebut di google. Jadi, judul blog harus unik, serasi dengan keyword dan nama domain.

3. Deskripsi blog
Dikenal dengan istilah Meta Description yaitu keterangan singkat dari sebuah blog atau web. Meta description ini harus dibuat secara singkat tapi fokus pada keyword. Panjang deskripsi yang baik tidak boleh lebih dari 160 karakter.

4. Keyword blog
Dikenal dengan istilah meta keyword yaitu yang mempresentasikan kerangka isi dari sebuah blog. Meta keyword diisi dengan kata-kata yang akan menjadi target kita di mesin pencari google. Rekomendai buatlah meta keyword 3 kata atau lebih, karena keyword dengan dua kata biasanya sudah dikuasi oleh banyak web dan blog terkenal.

5. Tag heading
Tag heading adalah struktur header dalam sebuah blog. Terdiri dari heading 1 (h1) sampai heading 6 (h6). Tag heading 1 biasanya diterapkan untuk judul blog pada saat berada di halaman depan (home) dan berada pada judul artikel ketika ada pada halaman artikel. Menurut aturan SEO dari www.chkme.com jumlah tag h1 tidak boleh lebih dari dua dalam setiap halaman.

6. Konten
Konten atau isi atau artikel atau postinga adalah kunci utama dari sebuah blog. Blog dengam templet super SEO friendly tidak akan ada artinya sama sekali tanpa diisi dengan konten. Perlu diingat bahwa kita membuat sebuah blog tidak hanya untuk dibaca oleh mesin pencari tapi utamanya adalah dibaca oleh manusia. Untuk itu maka isilah blog dengan konten-konten yang bermanfaat serta mudah dibaca dan difahami oleh manusia. Sehingga akhirnya pengunjung akan merasa betah berlama-lama membaca artikel-artikel pada blog anda.

7. Internal Link
Internal link adalah link yang menhubungkan antara halaman yang satu dengan yang lainnya atau juga link yang dibuat sebagai menu untuk memudahkan orang dalam menavigasi blog. Maka buatlah menu blog yang baik serta mudah dibaca dan mudah diakses. Untuk membuat link antar halaman maka kita bisa menggunakan fitur related post atau artikel terkait.

Nah itu adalah optimasi blog SEO On Page Ampuh 2014 yang terdiri dari 7 faktor pendukung SEO on page. Semoga artikel ini bisa menjadi acuan anda dalam membangun sebuah blog yang dicintai oleh google dan digemari oleh para pembaca.

2 Responses to "Optimasi Blog SEO On Page Ampuh 2014"

  1. menarik sekali artikelnya, yang saya ingin tanyakan adalah apakah jika kita aktifkan meta tag deskripsi otomatis dari blogger bisa menyebabkan duplikat konten pada blog kita ? mohon penjelasannya mengenai ONPAGE deskripsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau duplicat content seperti gak, kan meta title setiap halaman jelas berbeda, tapi kalau terjadi duplicat descripsi sudah pasti, karena blogger akan mengambil deskripsi settingan blogger untuk setiap halaman artikel

      Hapus