Tips Sehat dan Bugar Selama Berpuasa

tips bugar dan sehat
Bugar dan Sehat


Tips Sehat dan Bugar Selama Berpuasa ~ Puasa bukan berarti kita harus bermalas-malasan karena badan terasa lemas. Haus dan lapar adalah hal yang wajar ketika menjalankan puasa. Tapi kemudian menjadi lemas bahkan jatuh sakit, jangan sampai deh. Untuk itu maka kita harus tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saat berpuasa agar tetap bisa beaktifitas seperti biasa.

Agar badan tetap sehat dan bugar saat berpuasa maka kita harus menjaga keseimbangan hidup. Seimbang dalam asupan gizi maupun seimbang antara aktifitas kerja dengan istirahat. Sudah menjadi kebiasan sebagaian besar kaum muslim, ketika datang bulan puasa maka mereka memperbanyak kegiatan ibadah teruatama di malam hari. Maka waktu beristirahatpun menjadi kurang. Nah, menjaga keseimbangan hidup sangat diperlukan selama menjalankan ibadah puasa. Keseimbangan hidup apa saja yang dibutuhkan?

Tips Sehat dan Bugar Selama Berpuasa


1. Menjaga keseimbangan asupan makanan
Tubuh kita membutuhkan asupan gizi yang cukup dan seimbang agar seluruh organ tubuh tetap bekerja dengan normal. Sebenarnya tidak ada penguranan asupan makanan, yang ada adalah pemindahan waktu makan saja.

Misal tubuh kita membutuhkan 8 gelas air dalam sehari. Maka anda bisa melakukannya dengan minum 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, dan 4 gelas setelah sholat isya.

Selain itu kita juga harus menjaga keseimbangan gizi yang masuk ke tubuh kita. Pada umumnya orang akan memperbanyak daging pada bulan puasa dengan harapan tubuh tidak kekurangan protein dan agar tetap bugar. Tapi perlu ada ketahui juga, bahwa dengan terlalu banyak makan daging tanpa diimbangi buah dan sayur maka asupan serat menjadi berkurang. Akibatnya akan mengalami masalah pada pencernaan, misalnya susal BAB, panas dalam dan lain-lain.

Jadi, asupan makanan harus benar-benar dijaga keseimbangannya. Saran saya, perbanyak makan sayur dan buah-buahan.

2. Menjaga keseimbangan istirahat
Berkurangnya istirahat di waktu malam bisa kita tambah dengan istirahat di waktu pagi dan siang. Misal, setelah sholat subuh kira tidur sebentar, dan setelah sholat dhuhur tidur siang sebentar. Setelah itu silakan beraktifitas lagi. Saran saya juga jangan tidur terlalu larut malam, apalagi sekarang musim piala dunia. Maksimal pukul 22.00 anda harus sudah beristirahat, sehingga anda bisa bangun lagi sekitar pukul 03.00 untuk melaksanakan sholat malam dan dilanjutkan makan sahur.

3. Jaga kebugaran tubuh dengan olahraga
Meskipun berpuasa, olahraga jangan ditinggalkan. Meskipun hanya sekedar lari-lari kecil atau jalan-jalan setelah bangun tidur selepas sholat shubuh. Misal anda tidur setelah sholat shubuh pukul 05.00 kemudian anda bangun lagi pukul 05.30 kemudian melakukan olahraga ringan.

Nah itu adalah tips sehat dan bugar selama berpuasa. Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan saya ucapkan selamat berpuasa kepada anda yang menjalankannya.

0 Response to "Tips Sehat dan Bugar Selama Berpuasa"

Posting Komentar