Manfaat Jalan Kaki Pagi Untuk Kesehatan

Manfaat Jalan Kaki Pagi Untuk Kesehatan ~ Jalan kaki sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Apalagi kalau aktifitas anda sehari-hari kurang gerak, misal hanya duduk di dalam kantor. Maka jalan kaki di pagi hari sangat dianjurkan bagi anda. Lebih baik lagi jalan kaki pagi hari tanpa sandar aliah telanjang kaki.

Mengapa jalan kaki pagi tanpa sandal?
Ketika telapak kaki anda yang tanpa alas bersentuhan dengan tanah/aspal/bebatuan/kerikil kecil maka secara tidak sadar anda sedang melakukan pijat refleksi secara alami. Seperti kita ketahui bahwa pijar refleksi sangat bermanfaat untuk kesehatan. Bahkan, sebagian orang secara sengaja mendatangi tukang terapi pijat refleksi untuk merefleksi tubuhnya.

Selain itu, secara umum banyak sekali manfaat jalan kaki untuk kesehatan jasmani dan rohani anda. Namun tentu saja, bagi yang muslim sebaiknya jalan kaki dilakukan setelah sholat shubuh. Hehehe

Lalu apa saja manfaat jalan kaki di pagi hari?
Berdasarkan informasi yand didapat dari berbagai sumber, berikut adalah manfaat jalan kaki pagi hari bagi kesehatan manusia.

Memperkuat jantung

Jalan kaki baik untuk kesehatan jantung. Apalagi kalau di tambah dengan lari-lari kecil. Lakukan kegitaan ini secara rutin setiap pagi dengan porsi yang sama. Maka jantung akan terlatih memompa darah secara stabil.

Menambah imunitas tubuh

Selain untuk kesehatan jantung, kebiasaan berjalan kaki dipagi hari juga bisa untuk meningkatkan imuinitas atau kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai macam penyakit. Dengan rajin melakukan jalan pagi maka tubuh akan tahap terhadap serangan seperti penyakit diabetes tipe 2, asma, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Menjaga berat badan tetap normal

Berjalan kaki adalah salah satu cara termudah untuk membakar kalori dalam tubuh. Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih atau ingin menjaga berat badan tetap ideal maka jalan kaki sangat dianjurkan kepada anda.

Membantu mencegah kepikunan

Sekarang ini pikun atau mudah lupa tidak identik dengan orang-orang tua saja. Oran-orang yang masih berusia muda juga banyak yang mengalami kepikunan. Nah, jalan kaki di pagi hari juga sangat bermanfaat untuk mencegah kepikunan atau menjadi pelupa. Aktif secara fisik memiliki efek melindungi fungsi otak, dan olahraga secara teratur mengurangi risiko demensia (pikun) hingga 40 persen.

Mencegah osteoporosis/ pengeroposan tulang

Berjalan dianggap sebagai kegiatan menahan beban, yang merangsang dan memperkuat tulang dengan meningkatkan kepadatannya sehingga mencegah osteoporosis. Hal ini benar-benar penting, terutama bagi wanita yang lebih rentan osteoporosis. Hal ini juga akan membantu menjaga kesehatan sendi, sehingga bisa mencegah kondisi seperti arthritis.

Meningkatkan kadar vitamin D

Sinar matahari pagi membantu memproduksi vitamin D dari nutrisi makannan dalam tubuh manusia. Vitamin D adalah nutrisi penting yang berperan besar kepada kesehatan tulang dan kekebalan tubuh. Para pakar kesehatan sepakat bahwa sinar matahari akan membantu menghasilkan vitamin D bagi tubuh manusia. Sebaiknya jalan kaki pagi hari dilakukan sebelum pukul 9 atau setelah pukul 15 sore, bisa dengan menggunakan krim pelindung UV.

Membuat lebih bahagia

Udara yang segar dan masih bersih dari polusi, susasana yang masih hening dari keramaian akan merefleksi otak menjadi lebih fresh. Maka jalan pagi hari sangat dianjurkan agar manusia lebih semangat dan bahagia dalam menjalani hidup.

Nah itu adalah  7 manfaat jalan kaki pagi untuk kesehatan. Mari kita budayakan jalan kaki di pagi hari rutin kurang lebih 30 menit setiap hari. Semoga kita semakin sehat lahir dan batin.

0 Response to "Manfaat Jalan Kaki Pagi Untuk Kesehatan"

Posting Komentar