Peluang Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil Untuk Guru

Peluang Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil Untuk Guru ~ Dalam beberapa hari ke belakang saya sempat menulis Peluang Bisnis Mudah dan Murah Yang Bisa Dikerjakan Anak SMP dan SMA, rasanya kok kurang adil kalau saya hanya membukan inspirasi bisnis untuk para siswa saja, sedangkan yang butuh pemasukan lebih adalah para guru.

Ya, guru memang memiliki anggaran pengeluaran yang banyak, apalagi kalau guru tersebut hanya guru Wiyata yang dibayar cuma 300.000/ bulan dan sudah memiliki isteri dan anak. Haduh....... harus benar-benar memeras otak mencari uang tambahan agar isteri tetap bisa masak dan anak-anak tidak nangis jempalitan gara-gara pengin jajan tapi tidak ada uang.

Peluang usaha sejatinya banyak, namun harus sesuai dengan keahlian, hobi dan harus dijalankan secara fokus dan sungguh-sungguh. Tanpa itu semua usaha apapun yang dijalankan tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.

Peluang usaha sampingan dengan modal kecil untuk guru sangat beragam daftar peluanga usaha di bawah ini juga tidak saya jalankan, semuanya hanya ada salah satunya saja. Peluang usaha apa sajakah yang cocok bagi seorang guru khususnya guru Wiyata? Mari kita simak bersama.

Daftar Peluang Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil Untuk Guru

1. Bimbingan Belajar Privat atau Les Privat
Biasanya guru hanya mengajar sampai jam 14.00 di sekolahan. Siswa waktu anda setiap hari bisa anda gunakan untuk mengajar anak-anak secara privat di rumah. Misal anda mulai pada jam 16.00 dan selsai jam 17.30. Silakan anda buka usaha ini dengan catatan jangan terlalu banyak menerima murid. Tujuannya agar anda fokus dan bisa maksimal dalam mentransfer ilmu ke murid-murid sehingga hasilnya memuaskan. Tidak ada gunanya banyak murid tapi output dari hasil les yang anda lakukan tidak lebih baik dari yang tidak mengikuti les. Selain untuk lebih memaksimalkan dalam pengajaran, dengan membatasi murid itu artinya anda sedang menaikan rating anda sebgai pengajar les privat.

2. Jasa Pembuatan Administrasi Guru
Perlu anda ketahui tidak semua guru bisa membuat administrasi kelas dengan baik. Nah, anda harus mempelajari secara  baik cara managemen yang kelas dengan berbagai perangkat administrasinya. Semua itu bisa anda jadikan uang untuk membantu teman-teman guru lain dengan menarik imbalan dari teman-teman seoprofesi. Tapi untuk teman sekerja lebih baik jangan pasang tarif, karena akan menimbulkan masalah dalam lingkungan kerja. Alangkah baiknya kalau anda melakukan bisnis ini dengan guru yang tidak se instansi dengan anda.

3. Menjadi MC
Menjadi MC modalnya adalah kemampua mengolah kata dan mengucapkan secara live di muka umum. Sebagai guru anda sudah memiliki dasar-dasar tersebut. Tinggal anda lebih mengasah kemampuan anda agar bisa tampil di berbagai acara. Buat kartu nama yang menawarkan jasa anda sebagai MC, misal sebagai MC acara nikahan, khitannan atau acara-acara resmi pemerintahan.

4. Menjadi Penulis
Sebagai guru, pekerjaan menulis tentu bukan hal yang asing lagi. Pada saat mengikuti perkuliahanpun sering membuat karya tulis dan terakhir pati harus membuat skripsi yang notabene sebuah hasil menulis. Yang perlu anda lakukan hanya mengembangkan kemampuan anda dalam mencari ide dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Anda bisa mempublish tulisan anda dalam kolom surat kabar atau bahkan mengumpulkan tulisan anda dan mencetaknya dalam bentuk buku. Yang perlu anda lakukan ketika sudah memiliki buku siap cetak adalah mencari media yang siap mencetak dan memasarkan buku anda.

Menjadi penulis tidak harus memiliki media cetak. Dijaman yang serba online ini, semua karya tulisa anda bisa anda publikasikan sendiri mealui media internet yang kemudian sering dikenal dengan sebuatan blogger. Jadi, selain sebaga guru anda juga bisa menjadi seorang blogger. Banyak kisah seorang blogger yang bisa menghasilkan uang ratusan juta rupiah dari hasil ketelatenannya dalam menulis dan mempublikasikannya melalui sebuah blog.

Peluang Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil Untuk Guru sebenarnya sangat banyak dan beargam. Tergantung pada keahlian anda. Maka siakan gali potensi anda untuk bisa membuka usaha sampingan dan setelah mendapatkan ide silakan tekuni dengan sungguh-sungguh. Terkadang, penghasilan dari usaha sampingan akan lebih besar dari pekerjaan utama anda.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Peluang Usaha Sampingan Dengan Modal Kecil Untuk Guru"

Posting Komentar