Cara Menggalang Dana Secara Online Untuk Berbagai Keperluan

Cara Menggalang Dana Secara Online Untuk Berbagai Keperluan ~ Menggalang dana secara online? Emang bisa? Bisa!!! Jaman sekarang, segala sesuatu bisa dilakukan hanya dengan bermodal laptop dan koneksi internet. Tidak hanya bisnis, tapi penggalangan dana juga bisa dilakukan online. Misa penggalanan dana untuk bantuan kemanusiaan, perbaikan jemabatan bahkan penggalangan dana untuk modal usaha.

Dalam artikel sebelumnya yang membahas tentang cara mendapatkan modal usaha tanpa kredit bank sudah saya singgung sedikit tentang sebuah sistus yang berfungsi untuk mengumpulkan modal usaha. Dalam artikeil ini saya akan secara khusus share tutorial cara menggalang dana melalui situs penggalang dana (crowdfunding). Ada banyak situs crwdfunding, namun agar lebih fokus saya akan menggunakan salah satu saja, yaitu www.kitabisa.com.

Ada banyak sekali penggalangan dana yang dilakukan baik perseorangan maupun atas nama lembaga. Baik dari kalangan orang biasa sampai artis. Ada beberapa artis kenamaan yang ikut menggalang dana untuk kegiatan sosial, seperti Ruben Onsu, Tora Sudiro dan artis lainnya. Selain itu ada banyak hal yang sudah sukses terdanai dengan kita bisa dot com, yang paling populer adalah penggalangan dana untuk pembangunan masjid di papua yang dibakar dalam kerusuhan. Ada juga beberapa kegiatan sosial seperti operasi kanker, operasi katarak dan lain sebagainya. Singkat kata, situs ini sangat tepat digunakan menggalang dana untuk berabgai keperluan.

Sekarang bagaimana caranya? Bagaimana cara menggalan dana dengan menggunakan sits crowdfunding www.kitabisa.com? Silakan ikuti tutorial lengkapanya di bawah ini.

Cara menggalang dana secara online

Pertama silakan anda kunjungi alamat https://kitabisa.com. Kemudian silakan anda login langsung (bisa menggunakan facebook atau google plus). Setelah login maka anda akan mendapatkan halaman seperti ini.

Silakan anda klik tombol Mulai Disini. Kemudian anda akan disuguhkan halaman yang terdiri dari beberapa menu. Setiap menu berisi form yang harus anda isi dengan lengkap. Agar lebih jelas lihat screen shoot di bawah ini.

Mari kita bahas satu persatu menu-menu di atas.

Setting Awal

1. Pilih kategori (kategori pengumpulan dana, misal untuk pendidikan, kesehatan, lingkungan)
2. Buat Judul Proyek Yang Unik dan Menarik
3. Isi Deskripsi Singkat
4. Ini nominal target donasi
5. Isi batas akhir donasi
6. Pilih lokasi proyek (kabupaten proyek anda)
7. Pada custom URL, isi dengan URL anda, misal http://kitabisa.com/jalanrusak
8. Klik Save and Continue

Lampirkan Gambar dan Video

1. Upload gambar atau video pada form yang sudah tersedia (anda bisa dengan mengupload gambar saja atau video saja)
2. Klik Save and Contine

Deskripsi

1. Isi Deskrispi proyek anda secara lengkap, jelas dan mudah dimengerti
Misal dengan memberikan latar belakang penggalangan dana untuk proyek anda, silakan sisipkan foto-foto yang otentik untuk lebih menguatkan ajakan anda kepada para donatur.
2. Klik Save and Continue

Reward atau Hadiah (Optional)

Pada bagian ini anda boleh untuk tidak mengisinya, namun ada baiknya anda mengisinya dengan reward atau hadiah tertentu untuk minimal donasi tertentu juga. Hal ini untuk lebih merangsang para donatur menyalurkan dananya untuk proyek anda, apalagi kalau proyek anda bersifat proyek komersil.

Kalau sudah di isi silakan Klik Save anda Continue

Adminsitratif

Pada bagian ini anda harus mengisi data rekening bank yang digunakan untuk mengumpulkan donasi. Silakan isi dengan benar Nomor Rekening, Nama Bank dan Nama Pemilik Rekening.

Siapkan scan KTP atau identitas lain Penanggung Jawab Proyek untuk diupload. Hal ini untuk memberikan kepercayaan kepada para calon donatur.

Klik Save anda Continue

Review

Di sini anda akan disajikan ceklis apa saja yang sudah diisi pada form sebelumnya. Jika sudah yakin, silakan anda beri centang pada
- Syarat dan Ketentua
- Hadiah (jika anda menjanjikan hadiah atau reward)

Klik Submit and Review


Nah sampai di sini maka proses pembuatan proyek untuk penggalangan dana sudah selesai. Untuk selanjutkan tim Kita Bisa akan mereview proyak yang anda buat. Akan membutuhkan waktu 1 - 3 hari sampai proyek anda disetujui. Untuk itu pastikan anda membuat proyek yang benar-benar real dan dapat dipercaya. Ingat jangan menyalahgunakan fasilias ini untuk keuntungan pribadi.

0 Response to "Cara Menggalang Dana Secara Online Untuk Berbagai Keperluan"

Posting Komentar