Ciri-Ciri Malam Laitul Qodar dan Orang Yang Mendapatkannya

Ciri-Ciri Malam Laitul Qodar dan Orang Yang Mendapatkannya ~ Setelah kemarin sempat membahas tentang pembagian bulan Ramadhan ke dalam 3 fase dalam artikel yang berjudul Pembagian Bulan Ramadhan Menjadi 3 Fase, saya juga tertarik untuk membahas alakadarnya tentang suatu malam yang sangat ditunggu-tungggu umat muslim yang berpuasa di bulan Ramadhan. Malam lailatul qodar adalah dimana malaikat diperintahkan oleh Allah swt untuk menuliskan ketetapan tentang kebaikan, rezeki dan keberkahan di tahun ini. Malam ini lebih baik dari 1000 bulan, sehingga seluruh amal ibadah pada malam itu akan gandakan nilai ibadah 1000 bulan.

Lalu seperti apakah ciri-ciri malam lailatul qodar ini? Karena tentu saja banyak kaum muslim yang berharap bisa merasakan nikmatnya malam lailatul qodar. Tapi, sunggu tidak ada satu orang muslimpun bisa menemui malam lailatul qodar kecuali atas ridlo Allah SWT. Tapi dari berbagai literatur hadits bisa kita dapatkan tanda-tanda atau ciri-ciri malam laitul qodar adalah cuaca malam itu tidak panas juga tidak dingin, pada malam itu malaikat turun berbondong-bondong ke bumi untuk mengaminkan doa orang-orang yang berdoa pada malam tersebut dan matatahari pada pagi harinya terbit dengan cerah tanpa sinar.

Ciri-ciri malam lailatul qodar tersebut didarkan pada hadits di bawah ini :
  1. Sabda Rasulullah saw,”Lailatul qodr adalah malam yang cerah, tidak panas dan tidak dingin, matahari pada hari itu bersinar kemerahan lemah.” Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah yang dishahihkan oleh Al Bani.
  2. Sabda Rasulullah saw,”Sesungguhnya aku diperlihatkan lailatul qodr lalu aku dilupakan, ia ada di sepuluh malam terakhir. Malam itu cerah, tidak panas dan tidak dingin bagaikan bulan menyingkap bintang-bintang. Tidaklah keluar setannya hingga terbit fajarnya.” (HR. Ibnu Hibban)
  3. Rasulullah saw bersabda,”Sesungguhnya para malaikat pada malam itu lebih banyak turun ke bumi daripada jumlah pepasiran.” (HR. Ibnu Khuzaimah yang sanadnya dihasankan oleh Al Bani)
  4. Rasulullah saw berabda,”Tandanya adalah matahari terbit pada pagi harinya cerah tanpa sinar.” (HR. Muslim)
Lalu bagaiman cara mendapatkan malam lailatul qodar tersebut? Tentu degan beribadah sepanjang bulan ramadhan tanpa putus. Karena sunggu malam lailatul qodar merupakan rahasia Allah yang tidak bisa diprediksi kedatangannya. Tapi setidaknya ada ciri-ciri bagi orang yang mendapatkan laitul qodar adalah sebagai berikut :
  • Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar, pada malam itu ia akan melihat seluruh benda dan makhluk dimuka bumi ini bersujud kepada Allah SWT.
  • Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan melihat semua dengan terang benderang dalam kegelapan malam.
  • Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan mendengar salam malaikat dan semua tutur katanya.
  • Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar akan dikabulkan doa-doanya.
  • Orang yang mendapatkan Lailatul Qadar tidak disyaratkan melihat tanda apa-apa.
Nah itu adalah Ciri-Ciri Malam Laitul Qodar dan Orang Yang Mendapatkannya. Selain dari ciri-ciri yang sudah disebutkan diatas, tentu juga bisa kita lihat dari perubahan akhlak sebelum dan sesudahnya. Saya yakin orang yang mendapatkan malam lailatul qodar akhlaknya akan lebih baik dari sebelum dia mendapatkan malam lailatul qodar. Jadi, kalau ada orang mengaku-ngaku telah mendapatkan malam lailatul qodar tapi tidak ada perubahan ke arah yang lebih baik malah justru sebaliknya, menjadi angkuh, sombong, takabur, bakhil, dengki pada sesama, saya yakin pengakuannya hanya bualan belaka.
Wallahu a'lam

0 Response to "Ciri-Ciri Malam Laitul Qodar dan Orang Yang Mendapatkannya"

Posting Komentar